RSS

Menelusuri Sejuta Manfaat Kacang Merah

Menelusuri Sejuta Manfaat Kacang Merah

Oleh Nurmiati

Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Hasanuddin

 

Dikatakan kacang merah karena memiliki warna kulit merah dan bentuknya seperti ginjal. Umumnya dijadikan sebagai sup, campuran sayur, dan nasi tim. Namun dapat juga diolah menjadi selai yang digunakan sebagai bahan pengisi beberapa jenis kue. Selain itu dapat pula diolah menjadi es krim. Kacang unik ini memiliki sejuta manfaat dan nutrisi. Mulai dari karbohidrat kompleks, protein nabati, lemak, vitamin hingga mineral.

Kacang Merah Kaya Akan Nutrisi

Di balik merahnya yang merekah, kacang merah merupakan sumber karbohidrat kompleks, fiber, vitamin B (terutama asam folat dan vitamin B6), fosfor, mangan, besi, thiamin, dan protein. Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus dapat menyediakan 9 gram protein atau 17 % dari angka kecukupan protein harian. Kacang merah juga menyediakan kandungan asam amino seperti asam glutamat, asam aspartat, leucine, lysine, arginine, serine, phenylalanine, valine, isoleucine, proline, threonine, alanine dan glycine.

Adapun vitamin dalam kacang merah diantaranya adalah folat, thiamin, vitamin K dan vitamin B6. Sedangkan kandungan mineral dalam kacang merah diantaranya mangan, besi, fosfor, potassium, tembaga, magnesium dan zinc Terdapat  168 mg asam lemak Omega-3 dan 107 mg asam lemak Omega-6. Hebatnya lagi kacang merah nyaris bebas lemak, natrium, kolesterol dan sodium serta rendah kalori.

Menilik Manfaat Kacang Merah

Disamping nutrisinya yang tinggi, kacang merah juga memiliki sejuta manfaat diantaranya mencegah kolesterol dan resiko diabetes, menjaga fungsi syaraf serta menurunkan resiko kanker usus besar dan kanker payudara.

Pemanfaatan Kacang Merah

Dengan mengetahui bahwa kacang merah memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap dan kompleks, maka kacang merah sangat cocok diaplikasikan menjadi sebuah produk yang digandrungi masyarakat, seperti mie misalnya. Selain membuat gebrakan baru dalam membuat mie, hal ini juga dapat dikategorikan sebagai peningkatan nutrisi pada mie yang sering dikonsumsi masyarakat.

Dengan modifikasi penambahan kacang merah pada mie, tentu akan menarik perhatian masyarakat. Sehingga masyarakat yang akan memperoleh gizi lengkap pada mie tersebut. Dengan mengaplikasikan kacang merah pada pembuatan mie, maka akan mengembalikan pemanfaatan pangan lokal yang mulai terkikis oleh fast food yang miskin. Pengaplikasian kacang merah pada produk pangan akan membuka titik terang bagi masyarakat untuk kembali pada pangan lokal yang telah terpinggirkan.

BIODATA PENULIS

NAMA LENGKAP          : NURMIATI

PANGGILAN                    : NURMI

FAKULTAS                        : PERTANIAN

JURUSAN                         : TEKNOLOGI PERTANIAN

PRODI                                 : ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN

INSTITUT                           : UNIVERSITAS HASANUDDIN

EMAIL                                 : itp_agriculture@yahoo.co.id

Alamat :

PONDOK HASANUDDIN (KIOS AL-FARIZI)

JLN. LINGKAR POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

SAMPING WORKSHOP UNIVERSITAS HASANUDDIN

MAKASSAR SULAWESI SELATAN

KODE POS 90245

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: